Rabu, 17 Juli 2019

APA JADINYA KALAU KONSEP RUMAH KITA SEPERTI SEKOLAH TK

Puji syukur Alhamdulillah, akhirnya saya bisa ngeblog lagi setelah sekian lama tidak mengunjungi blog. Sebenarnya ingin sekali menulis di sela-sela jam istirahat, namun keinginan lain kadang lebih menggoda dibanding mengetik di dinding blog. Bahan tulisan ini sebenarnya sudah lama saya siapkan, sudah tersimpan di page, foto-fotonya juga sudah lama menghiasi dinding layar editing, namun belum saya beri keterangan dan diterbitkan di beranda.
Foto-foto di bawah ini saya ambil ketika berkunjung di salah satu sekolah TK di kota Pekalongan. Tepatnya ketika ada pertemuan bimbingan akreditasi sekolah kami. Saya senang sekali dengan pemandangan sekolah itu. Seandainya saya adalah orang yang kaya raya, saya akan menjadikan rumah saya seperti sekolah TK ini. Tempatnya ramah anak dan berwarna-warni.




Di depan Kelas Lantai 2 ada deretan lemari kecil dan wastafel yang tingginya sekitar 1,5 - 1 meter. Lantainya berwarna hitam putih dan atapnya dilukis gambar awan putih berlatar belakang langit yang biru. Pagar besi di sebelah deretan lemari terlihat kids friendly menjulang ke atas.






Ini adalah pemandangan di dalam kelas. Ruang kelasnya ada yang berbentuk lingkaran, ada pula yang berbentuk persegi. Meja, kursi, lemari dan  mainan yang berada di dalam lemari tertata rapi. Hiasan kelasnya juga menarik dan edukatif. Setiap laci lemari diberi nama sesuai isi laci, sedangkan lemari khusus anak diberi nama anak. Di sebelah Kelas lantai 2 ada Tempat Penitipan Anak (TPA). Di situ ada beberapa anak kecil dari yang berumr 0 tahun hingga umur anak TK yang ditinggal orang tuanya bekerja. Anak-anak tersebut didampingi beberapa pendamping yang sibuk melayani keperluan anak.





Ini adalah penampakan pintu kelasnya. Warna putih mendominasi pintu dengan kaca bening di bagian atasnya. Warna putih dipadukan dengan warna merah muda yang mendominasi dinding kelas lantai 2. Setiap kelas diberi nama sesuai dengan sentranya karena sekolah tersebt menerapkan model pembelajaran sistem sentra. Salah satu kaca pintu juga ada tempelan pengumuman.


Kamar mandi sekolah ini juga disesuaikan dengan kondisi fisik anak. Semua propertinya berukuran mini. Dari ruangannya, wastafel, tempat pipis anak laki-laki, WC dan bak mandi. Warna cat dindingnya didominasi warna putih, hijau dan biru.


Ini adalah ruang lab komputer. Ruangannya didominasi warna putih dengan kain gorden kuning muda. lantainya oren dan putih disusun seperti papan catur. Ruangannya Bersih. Di bagian pojoknya ada Tumpukan kursi dan Lemari kecil yang disusun rapi. 

Ini adalah tangga yang menghubungkan lantai 1 ke lantai 2. Tangganya berbentuk seperti papan seluncur dengan ditutupi karpet warna warni di atasnya. Tangga ini juga ramah bagi anak-anak yang difabel.

Ini adalah pemandangan halaman lantai 1 dari atas. Ada hiasan tanaman, mainan outdoor dan payung-payung yang menghiasi taman bawah.

Ini pemandangan lantai 2 sebelah tangga


Ini adalah UKS. Ruangannya berbentuk lingkaran. Ruang UKS ini terletak di bawah tangga.


Ini adalah Taman di lantai 1. Di tengah-tengah taman ada sebuah Prasasti yang berisi Tanggal berdiri sekolah, pendiri beserta tanda-tangan.


Ini adalah ruang makan dan dapur. Bisa digunakan untuk kegiatan belajar atau sekedar duduk-duduk. Dapur ini terletak di bawah kelas-kelas di lantai 2. Ruangan ini juga bersebelahan dengan aula sekolah.





Di ruang aula ada panggung, kursi, lemari, alat musik dan pernak-pernik properti untuk pertunjukan


Di sebelah aula ada ruangan. Mungkin ruang kelas tapi terkesan seperti ruang kelas outdoor karena tidak ada pintu masuk. Bagian sebelah utara tidak ada dinding. Hanya lemari kecil yang membatasi ruangan itu dengan taman.
Ini adalah kamar mandi di lantai bawah. Tapi ini kamar mandi khusus anak lho. Kamar mandi khusus guru ada sendiri.

Ini adalah koridor sekolah. Di temboknya ada hiasan foto, pengumuman, Kalender Pendidikan, Denah Sekolah dan Visi Misi Sekolah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...