Selasa, 25 April 2017

MERAYAKAN HARI KARTINI DENGAN ARAH PEKALONGAN


Woeeee wong Pekalongan... Sopo seng wes gabung karo komunitas-komunitas Pekalongan. Yuk kita kenalan sama para komunitas yang ada di Pekalongan. Komunitas-komunitas tersebut menurut saya positif dan perlu diketahui masyarakat Pekalongan karena mereka yang bergabung di dalamnya mempunyai tujuan awal ingin memberikan manfaat kepada orang lain. Komunitas-komunitas ini sayang untuk dilewatkan apalagi jika ada yang cocok dengan passion, waktu luang dan keuangan kita. Mengikuti komunitas juga bermanfaat untuk menjaring relasi, silaturrahmi dan wadah berbagi ilmu.

Saya akan menjelaskan sekilas komunitas-komunitas yang saya ketahui di Pekalongan. Penjelasan saya berdasar wawancara langsung dengan beberapa anggota komunitas dan browsing di salah satu media sosialnya. Ada juga yang saya ketahui dari orang ketiga dari komunitas A yang mengetahui komunitas B. Berikut nama-nama komunitas yang ada di Kota Pekalongan yang baru saya ketahui sebelum mengikuti Arjati Heritage Walk 111:
1.  Akademi Berbagi
Komunitas ini isinya para pemuda Pekalongan yang peduli untuk sharing ilmu secara gratis. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2013. Info lengkapnya teman-teman bisa lihat di IG : akberpekalongan dan blog : akberpekalongan.wordpress.com
2. Mapera
Mapera adalah komunitas Majelis Perwalian Rakyat. Komunitas ini baru saya ketahui ketika mengikuti rapat rencana peresmian stadion Hoegeng dan deklarasi Pekalongan melawan hoax. Komunitas ini lah yang menginisiasi Bapak Jenderal Hoegeng Imam Santoso menjadi pahlawan nasional. Komunitas ini juga yang bersemangat menjadikan stadion Kraton Pekalongan berubah nama menjadi stadion Hoegeng.
3. Blogger Pekalongan
Komunitas ini adalah komunitas yang paling saya kenal di antara komunitas-komunitas lain yang ada di Pekalongan, karena saya bergabung di dalam komunitas ini sejak pertama berdiri pada tanggal 30 Desember 2016. Isinya ya orang-orang yang hobi nulis, fotografer dan pebisnis online. Alamat IG : blogger_pekalongan. Alamat blog : www.bloggerpekalongan.com.
4. Cinta Pekalongan
Cinta Pekalongan adalah komunitas warga Pekalongan yang hobi menulis dan membaca informasi tentang Pekalongan. Tema yang diusung di Cinta Pekalongan antara lain wisata, budaya, kuliner sejarah dan kuliner Pekalongan. Informasi lebih lanjut, teman-teman bisa melihat di websitenya www.cintapekalongan.com. Di website tersebut, teman-teman bisa bergabung dengan cara regristrasi di https://www.cintapekalongan.com/registrasi-penulis/ .


Sebenarnya ada berapa sih jumlah komunitas yang ada di Pekalongan? Ada yang bilang sekitar 30. Menurut saya pribadi jumlah komunitas di Pekalongan jumlahnya lebih dari 30, karena ada beberapa komunitas yang tidak suka dengan publikasi atau belum ingin tampil di publik. Tanggal 17 April 2017 kemarin, ada undangan kongkow komunitas Pekalongan di Warung Kojahan Konde Bendan Pekalongan.  Tidak semua komunitas yang diundang datang (saya sendiri tidak datang :D), akan tetapi dengan adanya temu kangen ini akhirnya saya tahu sepiro akehe dan apa saja nama-nama komunitas yang ada di Pekalongan.

Komunitas yang hadir diantaranya adalah :
1. Sedekah Rombongan
2. Fest Kalongan
3. Krapyak bersatu Klego
4. Lopes (Love Pekalogan Saklawase)
5. Desmoka
6. Explore Pekalongan
7. Tutur Batik
8. Adwika
9. Kolang-kaling
10. MIPA

 Ini teman-teman yang hadir mewakili komunitasnya.
Maaf yo. No Hp tak sensor
Sumber foto : Grup WA Blogger Pekalongan.
 Ada satu komunitas yang masih baru dan diresmikan kemarin bertepatan pada hari Kartini, Yaitu Arah Pekalongan. Arah Pekalongan singkatan dari Aliansi Rakyat Anti Hoax Pekalongan. Peresmian Arah Pekalongan juga bertepatan dengan peresmian stadion Hoegeng yang semula bernama stadion Kraton Pekalongan dan peluncuran website www.lawanhoax.pekalongankota.go.id. Arah Pekalongan adalah tindak lanjut dari beberapa pertemuan yang diadakan oleh Pemkot, polri, komunitas dan ormas-ormas yang ada di Pekalongan setelah terjadi peristiwa berita hoax yang menimpa Universitas Pekalongan pada bulan Februari 2017. Arah Pekalongan diketuai oleh Bapak Muhammad Luthfi. Ide nama komunitas "Arah Pekalongan" berasal dari beliau. Waktu itu saya ingat ketika menghadiri undangan pertemuan tindak lanjut Pekalongan melawan hoax di markas dewan TIK, beliau hadir dan dimintai pendapat mengenai nama komunitas ini. Di Dewan TIK yang berlokasi di jalan Bahagia Kraton Pekalongan itu ternyata ada beberapa komunitas yang hadir. Diantaranya adalah komunitas animasi Pekalongan, Puskomas dan komunitas inovasi dan teknologi.
Yang menarik dari acara peringatan hari Kartini di stadion Hoegeng adalah hadirnya ibu Hoegeng Imam Santoso. Sayangnya saya tidak bertemu langsung dengan beliau karena saya pulang lebih awal. Siapa sih Hoegeng Imam Santoso itu? Teman-teman bisa lihat biografinya di MENGENAL JENDERAL HOEGENG IMAM SANTOSO.
Yang paling Sepuh adalah Ibu Hoegeng Imam Santoso.
Teman-teman yang datang dari berbagai komunitas hadir memeriahkan acara.

Ada bapak-bapak yang lagi foto, saya jadi ikut-ikutan pingin foto.
 Bersama Yun's Blog
Ada anak-anak sekolah tanda tangan, saya jadi ikut-ikutan tanda tangan. Gayane poll..

Terus bagaimana kelanjutan komunitas-komunitas Pekalongan ini? Berhubung kemarin ada kongkow komunitas part I. Insya Allah ke depannya akan ada kongkow komunitas part II. Pada acara kongkow berikutnya akan ada acara seru sebagai bukti bahwa komunitas-komunitas Pekalongan bisa bersatu.

4 komentar:

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...