Sabtu, 17 Februari 2018

Karakteristik, Tujuan dan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 PAUD

          Karakteristik dari Kurikulum 2013 diantaranya adalah:
1.      Keseimbangan pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan
2.      Penerapan pendekatan saintifik yang diintegrasikan dengan kegiatan belajar mengajar
3.      Memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar
4.      Penerapan penilaian otentik secara tepat
5.      Memberi waktu yang cukup untuk mengembangkan berbagai potensi anak
6.   STTPA dicapai melalui kompetensi inti (KI) yang telah dirinci lebih lanjut ke dalam kmpetensi dasar (KD)


Tujuan K13
Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah mendorong perkembangan peserta didik sehingga mempunyai kesiapan untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya baik dalam hal sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan.
Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan tematik dan pendekatan saintifik
Pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan
1.      Mengamati dilakukan dengan :
a.       Melihat (baik langsung atau dengan alat)
b.      Mendengar
c.       Meraba, menyentuh dan menekan
d.      Menghirup / membantu
e.       Mengecap
2. Menanya sebagai salah satu proses mencari tahu atau mengkonfirmasi atau mencocokkan dari pengetahuan yang sudah dimiliki anak dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari
3.      Mengumpulkan informasi adalah keterampilan mengumpulkan berbagai informasi dari hasil mengamati dan menanya
4.    Mengkoordinasi adalah kegiatan yang merupakan proses dimana anak menghubungkan pengalaman baru dengan pengetahuan lama
5.      Asosiasi dibangun melalui 3 kegiatan utama, yaitu:
a.       Membandingkan (comparing)
b.      Mengelompokkan (clasifiying)
c.       Pengukuran (measuring using tools)
6.      Mengkomunikasikan adalah kegiatan anak untuk
a.       Menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan dalam berbagai bentuk, missal : gambar, hasil karya, cerita yang disampaikan dalam kelompok
b.      Proses mengkomunikasikan adalah proses penguatan pengetahuan terhadap pengetahuan baru yang didapatkan anak
c.       Penebalan pada proses persambungan antar sel otak
Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), muatan pembelajaran, program pengembangan dan beban belajar
STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) merupakan kriteria nominal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motoric, kognitif, bahasa, sosial emosi dan seni. Jadi STPPA sebagai output dari layanan PAUD

STPPA            : Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, bahasa, sosial emosi dan seni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...