Karakteristik dari Kurikulum 2013 diantaranya adalah:
1. Keseimbangan pengembangan sikap, pengetahuan dan
keterampilan
2. Penerapan pendekatan saintifik yang diintegrasikan
dengan kegiatan belajar mengajar
3. Memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar
4. Penerapan penilaian otentik secara tepat
5. Memberi waktu yang cukup untuk mengembangkan berbagai
potensi anak
6. STTPA dicapai melalui kompetensi inti (KI) yang telah
dirinci lebih lanjut ke dalam kmpetensi dasar (KD)
Tujuan K13
Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah mendorong
perkembangan peserta didik sehingga mempunyai kesiapan untuk menempuh jenjang
pendidikan selanjutnya baik dalam hal sikap spiritual, sikap sosial,
pengetahuan dan ketrampilan.
Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan tematik dan
pendekatan saintifik
Pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 adalah pendekatan pembelajaran
yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapat pengalaman
belajar melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan
1. Mengamati dilakukan dengan :
a. Melihat (baik langsung atau dengan alat)
b. Mendengar
c. Meraba, menyentuh dan menekan
d. Menghirup / membantu
e. Mengecap
2. Menanya sebagai salah satu proses mencari tahu atau
mengkonfirmasi atau mencocokkan dari pengetahuan yang sudah dimiliki anak
dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari
3. Mengumpulkan informasi adalah keterampilan
mengumpulkan berbagai informasi dari hasil mengamati dan menanya
4. Mengkoordinasi adalah kegiatan yang merupakan proses
dimana anak menghubungkan pengalaman baru dengan pengetahuan lama
5. Asosiasi dibangun melalui 3 kegiatan utama, yaitu:
a. Membandingkan (comparing)
b. Mengelompokkan (clasifiying)
c. Pengukuran (measuring using tools)
6. Mengkomunikasikan adalah kegiatan anak untuk
a. Menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan dalam
berbagai bentuk, missal : gambar, hasil karya, cerita yang disampaikan dalam
kelompok
b. Proses mengkomunikasikan adalah proses penguatan
pengetahuan terhadap pengetahuan baru yang didapatkan anak
c. Penebalan pada proses persambungan antar sel otak
Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan
pengorganisasian Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), muatan
pembelajaran, program pengembangan dan beban belajar
STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) merupakan kriteria
nominal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama
dan moral, fisik motoric, kognitif, bahasa, sosial emosi dan seni. Jadi STPPA
sebagai output dari layanan PAUD
STPPA
: Nilai Agama dan Moral, Fisik
Motorik, Kognitif, bahasa, sosial emosi dan seni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar