Minggu, 16 Oktober 2016

MAJALAH DINDING TAMAN BACA

Karya Ayu Isnaini ini ngakunya dibuatkan kakaknya.

 Seperti apa jadinya jika anak-anak SD kelas 3 diajak berkarya untuk sebuah majalah dinding. Gampang-gampang susah. Berangkat dari keprihatinan pengelola taman baca kami, karena melihat taman baca lain yang telah maju dan melaksanakan berbagai kegiatan untuk meramaikan taman baca. Kami merasa bahwa taman baca kami hanya berjalan ditempat tidak ada kegiatan apapun. Hanya meminjam dan mengembalikan buku. Apalagi di taman baca kami ada telecenter. Anak-anak lebih memilih komputer dibandingkan membaca. Maka dari itu, taman baca kami menggagas membuat sebuah majalah dinding agar ketika ada anak datang kerumah, mereka melihat dan membaca karya teman-temannya di majalah dinding. Kami juga berharap dengan adanya majalah dinding, anak-anak lain terpancing untuk berkarya seperti teman-temannya yang sudah berkarya.
Anak-anak dirayu dengan iming-iming sebuah hadiah, dengan syarat mereka harus membuat sebuah karya. Apapun bentuknya. Para senior yang sudah berpengalaman dalam mengajak anak-anak menulis pun caranya seperti itu. Mereka menyediakan jajan dan makanan kesukaan anak-anak dengan syarat mereka harus membuat karya sastra, artikel, maupun seni dalam bentuk gambar. Mereka ternyata sangat antusias jika diiming-imingi hadiah untuk membuat sebuah karya ditulis maupun digambar di sebuah kertas. Kami tidak masalah jika karya mereka dibuatkan oleh kakak atau orang tuanya.
Kita tidak menuntut mereka lebih, karena kami menyadari yang diajak untuk berkarya sebagian besar anak SD. Bagaimana mungkin mereka bisa menguasai tata bahasa yang baik seperti anak SMP-S1. Mereka menulis apa adanya dengan kemampuan mereka sendiri tanpa titik dan koma. Bahkan penempatan diksi, kalimat efektif, pengembangan bahasa mereka belum sempurna. Yang Bisa kita lakukan hanya mengedit sedikit di komputer setelah itu karya mereka diketik dan ditempel untuk dipajang di taman baca kami.
Yuk, kita kepoin satu-satu karya mereka.
Karya Tsany ini adalah karya sendiri. 

Karya Ma'ruf Amin. Kalau ini kayaknya melihat buku. Tapi its oke. Gak masalah.

Karya Chusnul Aulia Hadi. Kalau yang ini judul awal guruku. Tapi karena judul guruku sudah dipegang Ayu Isnaini, akhirnya judul diubah menjadi Sahabatku. Ini kayaknya karya sendiri.

Karya Rikza Dini. Kalau ini banyak kemungkinan. Mungkin karya sendiri, mungkin juga melihat buku atau diajari kakaknya ya....

Karya Fikri. Yang ini pasti karya sendiri. Walaupun diksinya kurang tepat, tapi dia sudah PD membuat karya sendiri.

Karya Laila Najma. Dia ngakunya bikin sendiri. Tapi saya khusnudhon ini pasti buatan Najma sendiri. 

Karya Qisti Nur Fadia. Cerita ini sudah sering saya dengar. Kisah Imam Masjidil Harom ini diceritakan kembali lewat tulisan dengan kemampuan kebahasaan Qisti sendiri.  

 Karya Rosita Hakim. Ini pasti karya sendiri. Ketahuan dari tulisannya. :D


 Anak-anak menata layout MADING. Karya sudah kumpul jauh-jauh hari. Tinggal ditata oleh beberapa anak.

 Eksis dulu sebelum ditempel di dinding.
 Mading Taman Baca Aku Suka Edisi pertama.
 Sebelum rencana pelaksanaan mading ini, saya sempat meminta pendapat kepada guru saya ketika SMP. Beliau dulu adalah yang menggagas mading di sekolah kami. Namanya adalah Zulmasri. blognya adalah: https://zulmasri.wordpress.com/. Teman-teman bisa bertanya tentang dunia tulis menulis kepada beliau karena beliau adalah mantan jurnalis dan guru Bahasa Indonesia di SLTP Al Irsyad.
Mading ini insya Allah akan kami laksanakan sebulan sekali. Anak-anak diajak berkarya lewat brosur yang disebar di sekolah masing-masing. Semoga istiqomah. AAmiin.

6 komentar:

  1. Balasan
    1. masa lalu yang indah jadi kenangan... masa lalu yang buruk jadi pelajaran...

      Hapus
  2. Aiiiihhh mbak innayah blognya bagus banget...

    BalasHapus
  3. Ga cuma mereka yg mau diming2i hadiah, sy juga noh 200 k berhasil menjebol Blog abu2.... Hihihihi

    BalasHapus

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...