Sabtu, 04 Juni 2016

TIPS MENULIS ALA NJU UMI

Apa yang kamu tahu tentang menulis? Apakah kamu ingin melatih diri agar bisa menulis? Saya mau berbagi tips bagaimana agar kita punya semangat untuk menulis baik di media online maupun cetak. Mdah-mudahan bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar menulis. Yuk simak bareng-bareng.
  1. Kuasai tata bahasa yang baik dan benar. Sebelum kamu mulai menulis kuasai dulu tata cara membuat kalimat. Jika mengakhiri kalimat gunakan titik, koma atau tanda baca lain dan diikuti spasi. Awali kalimat dengan huruf besar. Amati tulisan-tulisan atau karya orang lain.  Apabila tulisannya berupa karya ilmiah, maka gunakan kata dan kalimat sesuai EYD. Jika karya kamu berbahasa Indonesia mengutip kata-kata gaul dan bahasa asing maka gunakan font miring. Jika kamu hanya bisa bahasa jawa medhok, its OK. Jalan terus pantang mundur.
  2. Sesuaikan kalimat dengan kondisi umur. Umur kamu berapa sekarang. Apakah sekarang kamu masih SD? Kalau masih SD saya yakin tata bahasanya masih belepotan. Saya maklumi. Tapi jika kamu adalah lulusan SMP, SMA, S1 dan seterusnya tunjukkan bahwa kamu pernah belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan cara menulis yang baik dan benar.
  3. Lihat pembacanya. Sasaran pembaca kamu siapa? Anak-anak atau dewasa? Jika sasaran pembaca kamu adalah anak-anak, maka usahakan tulisan kamu menggunakan bahasa yang sederhana, singkat dan mudah dicerna. Bila perlu ditambahi gambar agar menarik minat baca anak-anak.
  4. Jangan membuat kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele.  Kalimat yang terlalu panjang akan membuat pembaca bosan.
  5. Ikuti pelatihan menulis. Sebenarnya pelatihan menulis sudah sering kita lakukan ketika kita masih SD. Kita sering diberi tugas, PR dan menulis materi pelajaran. Sejatinya kita sedang dilatih untuk menulis. Akan lebih baik jika kita mengikuti pelatihan menulis dari orang-orang selain guru sekolah kita.  
  6. Bertemanlah dengan orang-orang yang mempunyai hobi menulis. Seperti kata pepatah, jika ingin berbau wangi maka temanilah orang-orang penjual minyak wangi. Bacalah karya-karya mereka.
  7. Sering melatih diri untuk menulis. Menulis itu bukan bakat. Jika kita terus-menerus melatih diri membuat tulisan, maka suatu saat kita akan menjadi penulis yang baik. 
  8. Usahakan karya sendiri. Jangan menjiplak karya orang lain. Jika kita berkarya dengan hasil karya kita sendiri maka kita akan benar-benar menguasai materinya.
  9. Gunakan catatan atau memo. Sebenarnya kita mempunyai banyak ide untuk menulis. Tapi kita bingung atau kadang lupa untuk menuangkan. Jika kamu mempunyai penyakit lupa seperti saya maka siapkan buku kecil atau gunakan aplikasi memo yang ada di hp kamu. Catatlah apa saja yang akan kamu tulis.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...