Sabtu, 14 Mei 2016

MENAWARKAN MAKANAN

Pagi ini saya kedatangan tamu. Dia adalah seorang guru salah satu SMP di kota saya. Dia sering datang ke rumah saya untuk mengeprintkan bahan pengajaran, tugas milik anaknya dan tugas milik muridnya, karena di rumah saya ada telecenter RW. Dia mencari adik saya.
"Assalamualaikum... Ismail ada?" Tanya beliau.
"Waalaikum salam.. ada bu, silahkan masuk." Kataku sambil makan pagi. "Sarapan bu..." Spontanitas saya menawarkan sarapan untuk basa-basi.
"Ya bu.." Kata dia tapi dia tidak mendekati saya untuk sarapan bersama saya. Saya yakin dia basa-basi atau mungkin dia sudah sarapan dari rumah. Saya tidak tahu.
Menawarkan sarapan atau makanan ketika ada orang lain mendatangi kita walaupun orang tersebut menolak dengan cara yang halus atau mau mencicipi adalah hal yang lumrah di kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sudah menjadi sebuah tradisi di lingkungan saya. Mungkin hal tersebut adalah salah satu kebudayaah di beberapa daerah Indonesia. 
Bagaimana jika hal tersebut tidak dilakukan? Pasti akan dibilang tidak sopan atau tidak punya tata krama. Dulu ibu saya pernah berkunjung di salah satu saudara di daerah lain. Kebetulan ibu saya datang berpapasan dengan waktu makan siang. Anak dari saudara tesebut membeli mie kuah dan dimakan di hadapan ibu tanpa menawarkan makanannya kepada ibu. 
Anda tahu bagaimana reaksi ibu saya ketika sampai di rumah? Ibu saya langsung membicarakan anak tersebut dan menyuruh saya agar tidak melakukan hal yang sama. Ibu saya tidak masalah jika tidak disuguhi mie kuah. Tapi bagi kebudayaan di tempat saya ada peraturan tidak tertulis alangkah tidak sopannya makan enak-enakan sendiri tanpa menawarkan kepada tamu. Ditambah lagi si tuan rumah makan terang-terangan di ruang tamu dan tidak basa-basi menawarkan makanan. Masalahnya bukan karena tidak disuguhi mie kuah tersebut, tapi yang diharapkan adalah etika basa-basi kepada tamu.

Salam basa-basi. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...