Minggu, 22 Mei 2016

SUASANA NISFU SYA'BAN DI PEKALONGAN, CENTRAL JAVA, INDONESIA

 Hai... Teman-teman muslim di dunia. Assalamualaikum. Kaifa khaluk.... bagaimana malam nisfu sya'ban kalian? Mudah-mudahan kita selalu dilimpahi keberkahan dari Allah SWT. Baik di waktu bulan Sya'ban atau bulan-bulan yang lain.



Kemarin sore saya diantar bapak saya pergi ke rumah teman saya di daerah Krapyak Pekalongan untuk mengambil barang pesanan saya. Saya melewati jalan Kimangun Sarkoro, kemudian jalan Seruni dan jalan Teratai. Di jalan Teratai, suasananya cukup ramai dan padat. Sempat macet tapi tidak terlalu lama.
Kebetulan pada hari itu daerah klego ada pasar tiban, jadi maklum macet. Saya juga tahu pada waktu itu jalan KH Agus Salim ditutup sehingga semua kendaraan yang akan lewat di jalan tersebut harus melewati jalan lain, salah satunya jalan Teratai. Saya tahu kenapa jalan tersebut ditutup. Tak lain dan tak bukan karena pada hari itu masjid Waqaf  yang terletak di sebelah barat jalan Agus Salim akan ada acara doa bersama malam nisfu Sya'ban. Tepatnya di kediaman Bib Bakir (Habib Bakir).

Banyak laki-laki berlalu lalang menuju jalan KH Agus Salim dengan menggunakan peci hitam atau putih dan baju putih. Mereka ada yang mengendarai motor bergerombol jalan bersama, ada yang menaiki mobil, parkir di tempat lain dan berjalan ke masjid waqaf. Saya tidak mengikuti acara tersebut, karena yang mengikuti kebanyakan laki-laki dan pastinya jalan daerah tersebut sangat sesak. Saya dan keluarga hanya berdoa di dalam rumah. Saya mendapat foto tersebut copas dari teman-teman BBM dan FB. Jika anda ke sini melihat secara langsung daerah sekitar masjid wakaf pada malam nisfu Sya'ban, maka anda akan melihat deretan mobil dan kendaraan bermotor yang diparkir dan puluhan orang berbaju putih di sepanjang jalan Surabaya, jalan Agus Salim, Jalan Semarang, jalan Bandung dan jalan Hasanudin.
Di Pekalongan, malam nisfu Sya'ban tidak hanya diisi acara doa bersama, akan tetapi juga diisi dengan acara silaturahmi di daerah Krapyak. Acara tersebut sudah menjadi tradisi daerah Krapyak. Mereka akan menyediakan jajan untuk teman-teman yang akan datang di rumah mereka. Acara tersebut bernama Sya'banan.
Bagaimana malam nisfu Sya'ban di kota anda? Share ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alamat

Berbagi Kebahagiaan, ilmu yang pernah diajarkan kepada saya.
Terima Kasih untuk guru, teman dan keluarga tercinta.

ads

loading...